7 Aksi Demo Paling Anarkis dan Rusuh di Dunia, Tragedi Mei 98 Masuk Ga Yaaa?

      Comments Off on 7 Aksi Demo Paling Anarkis dan Rusuh di Dunia, Tragedi Mei 98 Masuk Ga Yaaa?

Demo Paling Anarkis di dunia yang masuk ke dalam daftar di bawah ini memang sangat mengerikan, tidak hanya dampaknya saja tetapi sampai memakan korban banyak. Demo digunakan sebagai sarana penyampaian aspirasi masyarakat oleh pemerintahan atau badan lainnya yang terkait.

Demo yang diinginkan memang harus damai dan tenang serta tercapainya tujuan yang terbaik. Namun karena ulah beberapa provokator atau dari pendemo sendiri banyak yang melakukan tindakan di luar batas sehingga menimbulkan kerusuhan yang terjadi. Di bawah ini ada beberapa daftar demo paling anarkis dan mengapa bisa terjadi.

1 ) Demonstrasi Nika

Kerusuhan yang terjadi sekitar abad 532 SM ini berlangsung selama seminggu. Mengapa demo paling anarkis di dunia ini masuk dalam sejarah mengerikan? Ketika kerusuhan terjadi banyak sekali pertentangan yang mengakibatkan setengah kota dibakar hangus beserta dengan 30 ribu orang yang mati ke dalamnya.

demo-paling-anarkis-1

Awalnya sejak pemerintahan Justinianus yang memberikan kebijakan baru tentang pajak yang akhirnya ditolak oleh berbagai golongan masyarakat termasuk pendemonstran. Saat itu juga orang yang bekerja sebagai bawahan Justinianus juga ingin menggulingkan karena saat yang tepat ketika terjadi kerusuhan tersebut.

2 ) Pemberontakan Arab di Palestina

Demonstrasi ini berada di wilayah Palestina yang dahulunya pada tahun 1937 dilakukan oleh Inggris yang memenangkan demonstrasi sehingga berhasil mengambil wilayah penuh dari Palestina, banyak warga Palestina sendiri yang lebih mengungsi ke wilayah Arab yang menimbulkan banyak protes dari warganya sendiri.

demo-paling-anarkis-2

Akhirnya pemimpin tertinggi dari Arab melakukan balasan demo untuk menentang yahudi menguasai wilayah Palestina, awalnya memang berjalan mulus namun pada akhirnya menjadi peperangan di wilayah Palestina, banyak tentara Inggris dan Arab sendiri yang mati terbunuh pada saat ini, diperkirakan ada sekitar 5.600 orang yang meninggal.

3 ) Direct Action Day

Demo ini dikenal paling anarkis yang disebabkan karena pertikaian antara Islam-Hindu. Kejadian ini terjadi di daerah (sekarang) Kolkata sebuah provinsi Benggala di India. Di daerah ini memang didominasi kaum Islam yang memang sebagian orang Pakistan yang ingin tetap tinggal di India.

demo-paling-anarkis-3

Inggris yang menawarkan kemerdekaan bagi India ini tidak disetujui oleh sebagian orang Islam ini yang menimbulkan pemberontakan, dari data sendiri setidaknya ada sekitar 4000 orang yang tewas ke dalamnya namun banyak sumber mengatakan bahwa setidaknya ada sekitar 7000 sampai 10.000 orang yang tewas dalam tragedi ini. Akhir dari demonstrasi paling anarkis di dunia ini berakhir karena tentara Inggris yang dikirim untuk menenangkan suasana.

4 ) Intifadah 1987 – 1993

demo-paling-anarkis-4

Kali ini pertentangan yang terjadi antara Palestina dan Israel yang memperebutkan wilayahnya termasuk di jalur Gaza. Demonstrasi dilakukan oleh banyak orang Palestina yang menentang keberadaan Israel tersebut untuk menguasai daerah tersebut, itulah mengapa kejadian tersebut menjadi semakin tambah ricuh dan menimbulkan banyak korban selanjutnya. Sudah terdata ada sekitar 2326 orang meninggal dunia.

5 ) Tragedi Mei 98

demo-paling-anarkis-5

Kerusuhan yang diawali oleh demonstrasi ini berakhir ricuh dan mengenaskan, permasalahan pertama timbul akibat krisis ekonomi yang terjadi di Asia yang kemudian berlanjut dengan perampasan, pembongkaran, pembakaran, dan pemerkosaan terhadap keturunan Tionghoa di Indonesia. Banyak terjadi pembunuhan di mana-mana dan terjadi pemerkosaan yang berujung sadis. Tidak hanya terjadi di Jakarta saja namun juga daerah lain yang melakukan hal sama.

6 ) Revolusi Romania

demo-paling-anarkis-6

Pada tahun 1989 ketika masih dipimpin oleh Nicolae Ceau banyak menuai kritikan karena selama pemerintahannya, Rumania memiliki hutang yang sangat besar terhadap negara lain.

Itulah yang menyebabkan sebagian warganya sendiri banyak yang dipekerjakan di negara orang lain dan banyak barang yang diperjualbelikan ke negara lain untuk menambah pendapatan negaranya. Hal ini semakin ditentang dengan adanya parade dan perayaan untuk Nicolae dan istrinya yang semakin membuat ujung tombak meruncing. Selama demonstrasi ini setidaknya ada sekitar 1104 orang mati sia-sia.

7 ) Demonstrasi Tembaga

Salah satu demonstrasi paling anarkis di dunia selanjutnya adalah demonstrasi tembaga yang dipicu karena masalah perang Rusia, Swedia, dan Polandia.

demo-paling-anarkis-7

Perang yang berkelanjutan memicu bahan baku dan persediaan menjadi meningkat yang berimbas pada peningkatan pajak juga. kerusuhan mulai terjadi di jalanan dan menjadi semakin runcing dengan 10.000 orang yang dikumpulkan untuk menentang pemerintahan saat itu, dari total banyak demonstran tersebut yang dikumpulkan dari berbagai golongan seperti petani, peternak, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi kerusuhan tersebut pemerintah mengerahkan setidaknya 6 ribu sampai 10 ribu orang untuk mengamankan kejadian tersebut namun berujung kematian pada 1000 orang yang tercatat meninggal secara sadis.

Itulah beberapa kisah demonstrasi paling anarkis di dunia, tragedi Mei 98 memang tidak sebanding jika dikaitkan dengan kisah demonstrasi tersebut. walau demikian yang namanya demonstrasi memang mengincar tujuan awal untuk membangun kepentingan bersama lebih adil dan menguntungkan.