Cara Membentuk Bonsai Mudah Nan Indah

      Comments Off on Cara Membentuk Bonsai Mudah Nan Indah

Anda ingin memiliki tanaman bonsai yang cantik dan indah? Anda bisa menyimak cara membentuk bonsai berikut ini. Bonsai merupakan jenis tanaman yang dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk tanaman yang jauh lebih kecil daripada pohon aslinya.

Bonsai banyak digemari karena menjadi salah satu tanaman hias yang unik dan lagi bisa dibentuk sesuai dengan pola yang diinginkan. Untuk itu, disini kami akan memberikan ulasan cara membentuk bonsai yang cantik dan indah untuk anda dimana kami menggunakan bonsai beringin sebagai contoh.

Menyiapkan Alat Dan Bahan

Dalam cara membentuk bonsai ini, langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah mempersiapkan alat-alat dan bahan yang dibutuhkan. Bahan utama disini adalah bonggol dari pohon beringin.

Pilihlah bonggol dengan ukuran sedang dan mempunyai pola yang unik. Selain itu, siapkan juga alat-alat seperti tanah sebagai media tanamnya, 3 mm kawat, gunting khusus untuk tanaman, dan juga pot berukuran sesuai dengan besar bonsai yang diinginkan. Jadi jika anda ingin membentuk bonsai yang cukup besar, maka anda perlu menyiapkan pot yang juga berukuran besar.

  

Menyiapkan Media Tanam

Setelah bahan dan juga alat telah siap semua, maka langkah selanjutnya dalam cara membentuk bonsai ini adalah menyiapkan media tanam. Karena dalam hal ini, kita akan membentuk bonsai beringin, maka sebaiknya anda menggunakan media tanam yang memiliki sedikit unsur hara dan juga strukturnya yang padat.

Hal ini dilakukan untuk bisa mendapatkan bentuk batang yang ideal saat membuat pohon bonsai ini sehingga nantinya batang akan terbentuk dengan cantik dan indah. Untuk itu, anda bisa mempersiapkan media tanam berupa tanah yang bercampur sedikit batu yang kecil-kecil. kemudian media tanam tersebut bisa anda masukkan ke dalam pot yang telah disiapkan.

Membuat Pola

Cara membentuk bonsai yang selanjutnya adalah membuat pola pada bonsai beringin. Jadi, cara membentuk bonsai beringin ini bisa anda lakukan dengan memanfaatkan kawat untuk mengikat batang bonsai sehingga bisa didapatkan pola yang anda inginkan. Ikatan kawat ini memiliki fungsi untuk menahan batang bonsai sehingga nantinya bisa membentuk pola tertentu.

Namun anda juga tak boleh sembarangan dalam melilitkan kawat untuk mengikat batang bonsai ini, karena jika tidak terlilit secara tepat maka hasilnya akan berbeda dengan apa yang anda inginkan. Nah anda bisa melilitkan kawat ini secara melingkar mulai dari pangkal batang sampai ujung batang.

Pastikan lilitan kawat ini juga kuat agar pola terbentuk sesuai keinginan. Untuk waktu pembentukan pola ini sendiri belum bisa dipastikan karena tergantung kualitas dari bonggol pohon yang digunakan. Setelah tahap pembentukan pola ini, anda bisa langsung meletakkan bonsai di dalam pot yang sudah terisi media tanam.

Proses Pemupukan

Setelah bonsai tertanam dalam pot, anda bisa melanjutkan cara membentuk bonsai ini dengan melakukan pemupukan. Gunakan pupuk yang memiliki kandungan nitrogen, pottasium dan juga fosfor untuk memupuk tanaman bonsai ini. Di samping itu, dalam tahap membentuk bonsai ini, hindari penggunaan pupuk yang memiliki kandungan unsur hara yang tinggi agar tidak memicu pertumbuhan bonsai yang terlalu besar.

Proses Perawatan Dan Pemangkasan

Dalam proses perawatan, anda hanya perlu menyirami tanaman di setiap pagi dan malam hari selama 2 sampai 3 minggu dan usahakan tanaman bonsai diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Kemudian meskipun pola bonsai beringin sudah terbentuk sesuai keinginan anda, anda tetap harus melakukan pemangkasan pada bagian akar dan daunnya agar pola bonsai tetap cantik dan indah. Nah itulah cara membentuk bonsai yang cantik dan indah. Cukup mudah bukan?

Deskripsi : cara membentuk bonsai memiliki beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk mendapatkan pola bonsai yang cantik dan indah