Review Software Payroll Indonesia Terbaik dengan PPH21

      Comments Off on Review Software Payroll Indonesia Terbaik dengan PPH21

Untuk menghitung payroll Indonesia dalam suatu perusahaan akan sulit jika hanya mengandalkan akuntan and software non-accounting. Karena itu diperlukan software yang mendukung penghitungan gaji secara optimal dan memiliki tingkat akurasi tinggi agar tidak ada permasalahan yang akan membuat perusahaan tersandung hukum.

Pasalnya gaji dan tunjangan adalah hak bagi para pegawai dan jika hak tersebut tidak terpenuhi maka instansi dapat dituntut melalui jalur hukum. Pegawai harus bekerja untuk instansi demi mendapatkan penghasilan, namun instansi tidak boleh semena-mena dan harus membayar gaji pegawai sesuai dengan kemampuan dan kinerjanya. Hubungan yang cukup rumit, bukan?

Software Payroll Indonesia Dan PPH21

Dalam menghitung payroll Indonesia maka perlu banyak data terkait seperti absensi dan jam kerja pegawai. Untuk itu, sistem absesnsi dan pelaporan harus dibuat lebih baik terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan software perhitungan payroll. Jika suatu instansi berniat untuk memakai salah satu software semacam ini, maka harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Karena tidak mungkin memasang suatu sistem baru tanpa mengetahui apa keuntungan menggunakan software tersebut. Sebagai nilai plus, akan lebih baik jika bisa sekalian menghitung PPH21 dan nilai penghasilan yang harus dipotong.

Para pegawai, apalagi yang memiliki pekerjaan tetap tentunya akrab dengan PPH21. PPH21 merupakan kepanjangan dari pajak penghasilan pasal 21. Sesuai namanya, dalam pasal 21 disebutkan bahwa setiap gaji, upah, honor, dan pembayaran lain termasuk tunjangan harus dipotong sesuai dengan ketentuan masing-masing sesuai dengan posisi dan jumlah penghasilan.

Pasal ini tentunya hanya berlaku dalam negeri, sehingga bagi pekerja yang bekerja di dalam negeri harus merelakan pemotongan gaji untuk PPH21 ini. Karena sudah tentu merupakan kewajiban, maka tidak ada salahnya jika setiap bulan langsung dimasukkan dalam sistem software penghitungan payroll Indonesia agar para pegawai tidak perlu mengurusnya setiap bulan.

Meskipun merupakan kewajiban, ada juga software payroll Indonesia yang melupakan hal ini. Maka dari itu, suatu instansi harus memilih sistem yang paling baik yang bisa disinkronisasikan langsung dengan ketentuan pajak penghasilan Pasal 21 tersebut. Software seperti ini akan menjadi yang paling baik karena instansi sudah melaksanakan kewajiban pegawai sehingga tidak akan ada pegawainya yang terlibat kasus tidak membayar pajak. Ini merupakan suatu kelebihan bagi instansi yang menggunakan software payroll yang langsung sinkron dengan PPH21.

Kelebihan lainnya adalah adanya sistem yang bisa memasukkan jam kerja per jam untuk masing-masing pegawai. akan lebih baik lagi jika bisa diselaraskan dengan absensi dan jam lembur. Hal tersebut akan meningkatkan keadilan dari kebijakan perusahaan di mata pegawai karena pegawai yang paling rajin tentunya akan mendapat bayaran yang berbeda dibanding pegawai dengan jam kerja standar.

Ada banyak kelebihan lain dari sistem software payroll seperti adanya tempat khusus yang dapat digunakan untuk menyimpan informasi pribadi para pegawai. ada juga kolom khusus penjabaran masing-masing job description untuk masing-masing posisi. Sementara itu, ada juga kekurangan yang berbeda untuk masing-masing software. Misalnya, ada software yang tidak bisa digunakan pada perusahaan besar atau instansi super karena angka digit yang bisa dimasukkan hanya 11, padahal software lain bisa memasukkan angka hingga 19 digit.

Ada juga kekurangan berupa sistemnya yang bersifat terpusat sehingga hanya bisa dibuka oleh supervisor saja. hal ini memang akan membuat keamanan lebih terjamin, namun transparansinya tidak ada. Itulah beberapa review untuk software payroll Indonesia yang bisa dibahas. Semoga Anda dan instansi terkait bisa memilih software penghitungan gaji terbaik untuk kebijakan instansi yang lebih baik.