Tahap dan Cara Registrasi Akun Guru Pembelajaran Online (GPO)

      Comments Off on Tahap dan Cara Registrasi Akun Guru Pembelajaran Online (GPO)

Cara Registrasi Akun GPO – Pengembangan baru yang dilakukan oleh pemerintah terutama dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang berguna untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi dari masing-masing guru di Indonesia.

Dalam tujuan inilah guru akan belajar kembali demi meningkatkan pelayanannya terhadap siswa dan negara. Sebelumnya dari Kemendikbud sendiri sudah mendapatkan banyak data dari GPO sebelumnya yang memiliki banyak nilai di bawah standar yang ditetapkan, maka dari itu akan terus dikembangkan bagi guru agar terus meningkatkan diri di manapun dan kapan pun.

Itulah mengapa GPO sekarang ini juga semakin digencarkan, bagi yang sebelumnya mendapatkan nilai di atas 80 (karena standarnya sekarang 65 dari yang sebelumnya 55) akan menjadi instruktur guru lain yang memiliki nilai di bawah standar.

Cara Registrasi Akun GPO

cara-registrasi-akun-gpo-1

Ada beberapa syarat yang perlu disiapkan terlebih dahulu untuk mendaftarkan diri ke Akun GPO ini yaitu yang pertama Anda diharuskan berprofesi sebagai guru dan yang kedua sudah memiliki nomor validasi. Nomor validasi ini terdiri dari 12 angka yang dulunya dipakai juga di kartu peserta UKG 2015. Setelah tahu nomor validasinya bisa melihat langkah selanjutnya di bawah ini.

  1. Buka https://sim.gurupembelajar.id/akun/registrasi dari komputer Anda atau laptop atau smartphone Anda.
  2. Di sana akan ada formulir registrasi secara online, masukkan nomor validasi tersebut dan tanggal lahir Anda. Karena sistem masih menggunakna bahasa Inggris harap diperhatikan karena menggunakan tanggal berbasis bahasa Inggris (contoh: Januar, May, September, dan lainnya) setelah selesai bisa ceklist pada kolom “saya bukan robot” sebagai validasinya.
  3. Jika ada eror pastikan kembali jika nomor yang dipakai beserta tanggal lahirnya valid atau tidak, jika sudah valid namun tetap saja eror maka perlu menghubungi kontak admin GPO yang tersedia.
  4. Langkah selanjutnya mendownload (mengunduh) file pdf yang tersedia, Anda bisa langsung proses print atau menyimpannya sebagai file pdf di komputer Anda.
  5. Nantinya pada lembar tersebut akan terlihat nama guru yang terkait beserta username dan password yang bisa digunakan.
  6. Langkah selanjutnya setelah cara registrasi akun GPO tersebut lanjut masuk dengan username dan password yang sudah dikirimkan sebelumnya. Nantinya ketika sudah berhasil masuk akan dimintai untuk melengkapi data nomor telepon dan email yang saat ini masih digunakan.
  7. Cara mudah dalam registrasinya sudah selesai, untuk tahapan pembelajaran nantinya bisa mengetahui lewat update yang diberikan oleh admin GPO setempat.

Kadang ada saja kendala saat mendaftarkan diri ke akun GPO tersebut, dari salah data sampai tidak bisa masuk karena sebelumnya sudah pernah membuat. Ada juga yang kadang-kadang sudah mengganti dengan password yang baru dan lupa.

Untuk proses administrasinya memang dibantu oleh admin GPO yang ada di masing-masing kota. Dunia pendidikan memang sangat meningkat baik dari mutu sampai cara pengajarannya. Dengan adanya akun GPO dari Kemendikbud sendiri akan membantu banyak guru yang tersebar di seluruh Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan dan pengembangan dirinya sendiri.

Itulah beberapa langkah mudah dalam cara registrasi akun GPO. Bagi Anda yang masih belum bisa sampai ke tahap akhir jangan langsung khawatir, sebaiknya segera hubungi kontak admin GPO di masing-masing kota untuk meminta keterangan lebih lanjut. Pemerintah sendiri memang sangat mendukung perkembangan pendidikan yang ada di Indonesia, dengan adanya akun GPO ini bisa menambah kesejahteraan dan pengetahuan bagi guru tersebut sendiri.