Apa saja gejala Kanker Darah, Penyakit yang Diidap Ani Yudhoyono Semasa Hidup

      Comments Off on Apa saja gejala Kanker Darah, Penyakit yang Diidap Ani Yudhoyono Semasa Hidup

Kanker darah adalah sebutan umum untuk jenis kanker yang sifatnya menyerang jaringan pembuluh darah di tubuh manusia. Kanker darah sendiri ada banyak jenis, oleh karena itu gejala kanker darah yang muncul juga berbeda tergantung jenisnya (sesuaikan dengan diagnosa dari Dokter Spesialis).

Kabar duka itu datang di tanggal 1 Juni 2019, beberapa hari sebelum lebaran, mantan ibu negara RI-6 yaitu Ibu Ani Yudhoyono menghembuskan nafas terakhirnya usai berjuang melawan kanker darah di National University Hospital (NUH) pada puku 11:50 waktu Singapura.

Gejala Kanker Darah yang diidap Ani Yudhoyono
Ani Yudhoyono didiagnosa mengidap kanker darah dan menjalani perawatan di Singapura

Apa saja gejala Kanker Darah yang mengerikan ini, yuk simak di bawah ini:

1. Sering berdarah dan mudah memar

Ciri khas kanker darah adalah sering mengalami pendarahan dan munculnya memar secara yang kemungkinan disebabkan oleh kurangnya Trombosit (Trombosit adalah fragmen sel atau sel yang membantu fungsi pembekuan darah). Hal ini karena kanker membuat fungsi trombosit terganggu sehingga perdarahan yang terjadi di bawah lapisan kulit akan sulit untuk berhenti. Memar yang disebabkan oleh kanker darah ini seiring berjalannya waktu bisa semakin meluas.

2. Muncul benjolan

Apabila kanker darah yang menyerang termasuk dalam jenis kanker limfoma (kanker yang muncul dalam sistem limfatik yang menghubungkan kelenjar limfe atau kelenjar getah bening di seluruh tubuh getah bening), maka salah satu tanda khasnya adalah munculnya benjolan di sepanjang sistem kelenjar getah bening (leher, ketiak sampai pangkal paha)

3. Nyeri sendi dan tulang

Nyeri pada persendian dan tulang belakang merupakan gejala yang sering dialami oleh penderita kanker darah. Sering kali rasa nyeri yang luar biasa ini membuat penderita kanker darah mengalami demam yang tinggi. Selain nyeri di bagian sendi dan tulang belakang, penderita kanker darah juga sering merasakan nyeri di perut akibat pembengkakan organ hati atau limpa.

4. Anemia

Anemia sering menjadi akibat dari penyakit leukimia. Anemia terjadi karena seseorang mengalami kekurangan sel darah merah, oleh karenanya penderita leukimia umumnya mengalami anemia dengan gejala fisik lemah, sesak napas, pucat, letih, lesu.  

5. Sering demam dan rentan infeksi

Kanker darah menyebabkan terganggunya sel darah putih yang fungsi utamanya melawan infeksi, maka akibatnya penderita kanker darah akan jadi lebih beresiko dan rentan terserang berbagai penyakit dan sering mengalami demam. Umumnya demam akibat leukimia berlangsung selama beberapa hari dengan kenaikan suhu lebih dari 38º Celsius.

Diagnosa dan pengobatan kanker darah

Pada tahap awal pengobatan, biasanya dokter akan menanyakan gejala kanker darah yang pasien alami. Lalu selanjutnya dokter akan melakukan diagnosa fisik dan pemeriksaan laboratorium seperti tes kesehatan, tes darah dan biopsi dengan melakukan sampel pada sumsum tulang belakang.

Pengobatan kanker darah bergantung pada jenis kanker yang dialami, usia biologis dan kondisi kesehatan pasien. Semakin cepat didiagnosa, akan semakin cepat dilakukan pengobatan yang tentunya akan dapat memperkecil resiko berkembangnya stadium kanker ke level yang lebih serius. Usahakan untuk mendapat perawatan pada Rumah Sakit dan dokter yang memang sudah memiliki pengalaman dan terlatih dalam merawat pasien leukimia.

Demikian penjelasan tentang gejala kanker darah, penyakit yang diidap Ani Yudhoyono Semasa Hidup.